Ilustrasi Kredit Usaha Rakyat

Jenis-Jenis Kredit Usaha Rakyat

Sebelum mengajukan pinjaman untuk usaha, sangat penting untuk memahami jenis pinjaman apa saja yang bisa diajukan. Dalam Kredit usaha rakyat terdapat beberapa jenis pinjaman berbeda dengan persyaratan yang juga berbeda-beda. Ulasan berikut ini akan membahas tentang jenis pinjaman apa saja yang bisa anda ajukan dalam program KUR yang dicanangkan pemerintah untuk memperbaiki kualitas perekonomian Indonesia. Penasaran? Simak ulasan berikut sampai selesai.

KUR Mikro

Program KUR Mikro adalah pinjaman yang dialokasikan untuk usaha Mikro dengan plafon 25 juta. Angsuran Kredit usaha rakyat ini adalah yang terkecil sebab pinjamannya juga kecil. Namun plafon dan bunga yang diterapkan bisa berbeda tergantung kebijakan bank yang menyalurkannya.

Sekalipun bank memiliki kewenangan untuk menentukan berapa banyak bunga yang harus dibayarkan, tetapi pemerintah dalam hal ini memberikan Batasan kepada bank penyalur. Tidak perlu khawatir profit anda tidak akan tertutup oleh bunga pinjaman nantinya.

KUR Retail

Program berikutnya dari Kredit usaha rakyat adalah KUR Retail yang cicilannya dapat dibayarkan dengan bunga flat. Dengan demikian keuntungan yang didapatkan oleh pengusaha akan lebih banyak. Selain itu plafon pinjaman KUR Retail juga berbeda jauh, berada di sekitar 100 juta.

Syarat Kredit Usaha Rakyat retail tidaklah berat, seorang pengusaha wajib menjalankan usahanya dengan serius selama tiga bulan terakhir, mengikuti pelatihan kewirausahaan dibuktikan dengan sertifikasi, dan usaha yang dijalankan termasuk dalam usaha yang produktif.

KUR Tenaga Kerja Indonesia

Terakhir adalah program kredit yang diberikan kepada Tenaga Kerja Indonesia yang bekerja di luar negeri. Untuk mendaftar program ini tidak harus menjadi seorang pengusaha, seorang tenaga kerja Indonesia yang profesinya pekerja biasa juga bisa mendaftar tanpa memiliki usaha apapun.

Tujuan utama pengadaan program ini adalah memberikan modal awal kepada para Tenaga Kerja Indonesia ketika hendak berangkat ke luar negeri. Plafon pinjaman ini adalah 25 juta dengan bunga 7%.

Itulah ulasan tentang jenis-jenis Kredit usaha rakyat untuk referensi anda ketika membutuhkan suntikan modal untuk mengembangkan usaha yang anda miliki. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.