ilustrasi besi CNP yang dapat dijadikan pagar

Jangan salah pilih, Mengenal Besi Multifungsi, dan Besi CNP dan Kegunaanya

Saat ini perkembangan di dunia konstruksi pembangunan pada saat ini banyak mengalami kemajuan, banyak alat dan bahan material yang semakin bagus. Dari segi kualitas dan performa material juga semakin baik, salah satunya adalah besi CNP. Saat ini banyak tersedia tempat jual beli CNP dan kita perlu tau kualitas dan kegunaannya, jangan sampai salah pilih. Berikut penjelasannya.

Apa itu Besi CNP?

Bagi sebagian orang awam mungkin belum mengetahui apa itu besi CNP atau besi kanal CNP. Besi ini merupakan salah satu komponen penting dari bahan konstruksi bangunan, karena material ini memiliki tingkat kekuatan dan ketahanan yang sangat baik, sehingga sangat berperan penting pada fabrikasi hingga pembangunan konstruksi.

Bahan penyusun dari besi CNP itu sendiri adalah baja yang sudah terlapis oleh krom pada permukaannya atau sejenis lembaran galvalum. Material ini juga tercipta dari hasil pembentukan bahan plat coil, dari bahan penyusunnya saja bisa dipastikan bahwa material ini memiliki ketahanan yang baik.

Pembuatan dari bahan material ini juga sudah menggunakan teknologi yang canggih, pencampuran dari bahan material besi CNP sendiri juga biasanya menggunakan robot. Pembuatan dengan sistem dan metode yang canggih ini bertujuan untuk menghasilkan material yang kuat dan mempunyai tekstur yang presisi.

Sesuai dengan namanya besi CNP atau yang lebih dikenal dengan sebutan  C channel, besi kanal C, profil C, balok purlin, lipped channel, atau profil gording ini adalah besi yang mempunyai bentuk  penampang seperti huruf  C karena harganya yang terjangkau anda juga mudah untuk menemukan toko yang menjual besi CNP.

Kegunaan dari Besi CNP

Besi ini kerap dijadikan sebagai material konstruksi bahan bangunan, karena material ini juga banyak dikenal sebagai bahan struktur yang anti dengan gempa. Maka dari itu tak jarang banyak orang yang juga menggunakan bahan  material ini sebagai komponen struktur kerangka arsitektur bangunan. 

Karena kegunaannya yang sangat berguna juga baik bagi bidang otomotif dan industri, kegunaannya yang paling umum adalah dijadikan sebagai purlin, sebagai rangka untuk atap besi CNP, biasa juga  tak jarang untuk dijadikan pagar rumah.

Bahan material ini juga biasanya digunakan untuk menjadi penutup dinding, jika anda pernah melihat dinding yang tertutup oleh besi atau menempel pada dinding ini biasanya yang disebut sebagai besi kanal C atau besi CNP.

Jika anda ingin mencari tukang jual besi CNP atau toko yang menyediakan besi CNP, biasanya besi ini dijual di toko konstruksi bangunan. Harga besi CNP ini juga sangat beragam dari toko per toko ditentukan dari ketebalan dan panjang besi itu sendiri. Untuk berat biasanya terdiri dari berat besi CNP 125, 100, dan 75

Bila anda ingin atau sedang membangun rumah atau bangunan lain besi CNP merupakan pilihan yang tepat bagi anda, dari segi kekuatan dan kualitas yang baik bangunan anda akan terbangun dengan kokoh, untuk mendapatkan atau menemukan orang yang jual besi CNP pun tidak sulit.

Sekian penjelasan singkat dari saya mengenai besi CNP, pastikan jangan salah untuk memilih bahan material untuk membangun, terimakasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published.