ilustrasi tips pengajuan kredit motor

Beberapa Tips Pengajuan Kredit Motor Agar Disetujui

Pengajuan kredit motor dapat lakukan di beberapa showroom sepeda motor, penjual perseorangan atau melalui lembaga lain. Namun pada dasarnya dalam proses pengajuan terdapat perbedaan syarat dan ketentuan pengajuan. Kebanyakan pengajuan tergolong ketat bagi para pemohon atau calon nasabah yang hendak melakukan pengajuan kredit motor. Berbagai syarat dan ketentuan harus dilaksanakan dengan tepat dan sesuai prosedur, sehingga tak sedikit pemohon yang ditolak sebab dinilai tidak memenuhi kriteria dan ketentuan perusahaan.

Beberapa tips pengajuan kredit motor agar disetujui

  1. Pastikan nama anda bersih dari daftar blacklist leasing

Pada dasarnya setiap perusahaan dapat melakukan pelacakan untuk melihat nama nasabah yang telah diblacklist dalam pengajuan. Biasanya nama – nama nasabah yang termasuk dalam kategori tersebut merupakan nasabah yang memiliki track record pembayaran yang buruk. Seperti : selalu terlambat dalam pembayaran, tidak bertanggung jawab terhadap kewajiban serta sebab – sebab lainnya.

Oleh karena itu, anda perlu memastikan bahwa nama anda bersih dari pemblokiran tersebut. Ketika nama anda telah masuk dalam daftar blacklist oleh perusahaan dan perbankan maka anda tidak diperbolehkan untuk melakukan pinjaman atau pun pengajuan kredit.

  1. Persyaratan yang lengkap

Agar pengajuan anda lancar tanpa hambatan maka anda perlu memastikan bahwa seluruh dokumen betul – betul lengkap dan sesuai dengan yang disyaratkan. Selain syarat – syarat umum dan khusus, anda juga perlu mempersiapkan dokumen – dokumen pendukung lainnya seperti surat keterangan kerja, surat nikah, sertifikat kepemilikan rumah, surat kematian ( apabila dibutuhkan ) serta dokumen – dokumen penting lainnya.

  1. Mengikuti proses survey

Setelah melakukan verifikasi dan seleksi berkas, umumnya perusahaan yang diwakili pihak leasing akan melakukan survey, untuk memastikan apakah seluruh dokumen sesuai dengan adanya pada saat survey. Petugas survey akan memeriksa keadaan rumah, tanah serta beberapa bentuk asset yang dimiliki oleh calon nasabah.

  1. Memiliki domisili dan rumah yang tetap

Kebanyakan perusahaan akan mempertimbangkan domisili dan tempat  rumah yang tetap calon nasabah. Pemohon yang memiliki alamat yang tidak tetap dan rumah yang berpindah – pindah akan dipertimbangkan pengajuannya oleh perusahaan.

Apabila kepemilikan rumah yang ditempati juga merupakan rumah sewa atau kontrakan, hal tersebut juga akan mempengaruhi proses pengajuan kredit motor. Namun meski demikian, pengajuan anda juga akan tetap diproses dengan berbagai dokumen pendukung lainnya.

  1. Pengajuan kredit motor dengan uang muka yang lebih besar

Apabila pengajuan kredit anda diiringi dengan pemberian DP yang besar maka proses pengajuan juga akan semakin mudah. Selain itu periode pembayaran cicilan juga akan semakin singkat. Sebab pada dasarnya harga sepeda motor akan semakin mahal apabila DP yang diberikan kecil, sebab harga sepeda motor tergantung pada periode cicilan yang akan dipilih.

Leave a Comment

Your email address will not be published.