kredit mobil

Mau Kredit Mobil? Lengkapi 4 Syarat Wajib Ini!

Ingin memiliki kendaraan baru dengan cara kredit mobil melalui lembaga pembiayaan? Eits penuhi dulu syarat-syarat yang harus dipenuhi agar pengajuan kreditmu langsung disetujui. Apa saja ya syarat-syaratnya?Yuk simak penjelasannya di bawah ini:

Miliki Mobil Sesuai Kecakapan 

Pada saat kamu memutuskan untuk memulai membeli mobil dengan kredit, syarat utama yang harus dipenuhi adalah membeli mobil sesuai dengan kesanggupan.Karena pemilihan mobil ini akan berpengaruh besar pada kondisi keuangan anda. Jangan hanya tergiur oleh uang muka rendah yang mengakibatkan anda memutuskan memilih mobil dengan harga mahal. 

Kemudahan kredit mobil baru memang tidak perlu mengeluarkan uang banyak sekaligus, namun apabila cicilan perbulan tidak mampu anda bayarkan maka pihak leasing akan memberikan status kredit macet. Dampak negatifnya anda akan kesulitan mengajukan kredit kembali.

Punya Rekening Sehat

Syarat selanjutnya ialah memiliki rekening pribadi yang sehat. Bukan soal nominal yang banyak, yang dimaksud dengan rekening sehat ialah memiliki pemasukan dan pengeluaran yang seimbang, surplus aktif yang menunjukkan pemasukan terus ada dan tidak terdapat kegiatan yang mencurigakan. 

Adanya rekening sehat sangatlah penting karena hal ini akan menjadi pertimbangan perusahaan leasing untuk menentukan kelayakan anda dalam pengajuan kredit mobil, selain itu anda akan dinilai mampu mengangsur sampai selesai. 

Kelengkapan Berkas Administrasi

Setelah rekening sehat, kelengkapan berkas administrasi juga bahan pertimbangan agar pengajuan kredit mobil anda disetujui. Adapun berkas yang harus dilengkapi yaitu sebagai berikut:

  1. Karyawan
  2. Fotokopi KTP
  3. Fotokopi Kartu Keluarga
  4. Slip Gaji
  5. Fotokopi rekening Koran (3 bulan terakhir)
  6. Profesional
  7. Fotokopi KTP
  8. Fotokopi Kartu Keluarga
  9. Fotokopi Surat Izin Praktik
  10. Fotokopi Rekening Koran (3 bulan terakhir)
  11. Wiraswasta
  12. Fotokopi KTP
  13. Fotokopi Kartu Keluarga
  14. Fotokopi rekening Koran (3 bulan terakhir)
  15. Fotokopi NPWP
  16. Fotokopi TDP dan SIUP
  17. Perusahaan
  18. Fotokopi KTP
  19. Fotokopi Rekening Koran (3 bulan terakhir)
  20. Fotokopi NPWP
  21. Fotokopi TDP dan SIUP
  22. Fotokopi Akta Pendirian dan Perubahan

Selain berkas yang sudah disebutkan di atas, ada baiknya anda menanyakan kepada pihak leasing barangkali membutuhkan berkas tambahan lain sebagai syarat kredit mobil.

Down Payment (DP)

Syarat terakhir kredit mobil adalah menyiapkan dana untuk melunasi uang muka. Untuk kredit mobil baru, biasanya perusahaan leasing mengajukan DP sebesar 30% dari total harga mobil incaran anda. 

Besaran DP yang anda bayarkan pada awal transaksi akan berpengaruh pada nominal cicilan, makin besar DP yang dibayar maka akan semakin ringan cicilan anda kedepannya. Namun alangkah baiknya konsultasikan hal tersebut kepada leasing agar memperoleh perhitungan yang tepat dan sangat detail menggunakan simulasi kredit mobil. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.