sch 80 pipe

Pipa SCH 80: 3 Jenis dan Kegunaan Penomoran Pada Pipa SCH

Bagi sebagian orang istilah pipa SCH mungkin sedikit agak sulit diartikan. Mengapa? karena pada dasarnya istilah ini digunakan untuk menunjukkan jenis pipa tertentu yang dibedakan berdasarkan ketebalan dinding pipa tersebut. Hal ini mengingat ada banyak variasi ukuran pipa termasuk ketebalannya yang beredar di pasaran, salah satunya pipa sch 80.

Jenis-jenis Pipa SCH

Jenis pada pipa SCH dibedakan berdasar ukuran ketebalan dinding pipa yang ditunjukkan melalui nomor SCH. Mau tau apa saja jenis-jenis pipa SCH? Berikut ulasannya!

  1. Pipa SCH 20

Pipa SCH jenis ini biasa digunakan pada saluran yang bertekanan rendah. Untuk saat ini pipa SCH 20 diaplikasikan pada konstruksi bangunan seperti struktur kolom dan kerangka jembatan. Nominal Pipe Size (NPS) pipa SCH 20 dimulai dari 8-36 inchi. 

  1. Pipa SCH 80

Umumnya, digunakan untuk berbagai macam industri, misalnya industri kimia untuk mengalirkan fluida, dan proyek konstruksi seperti rangka dan tiang dengan maksimal tekanan 80 bar. Ukuran pipa sch 80 dibuat tanpa memiliki sambungan sama halnya pipa SCH 40. Perbedaan antara keduanya terletak pada kemampuan pipa sch 80 yang bertekanan lebih besar dalam mengalirkan fluida.

  1. Pipa SCH 40

Biasanya, diaplikasikan di area industri dan gedung, namun lebih banyak dimanfaatkan pada industri kimia. Pipa jenis ini berfungsi untuk mengalirkan udara di dalam pipa dengan tekanan maksimal mencapai 40 bar, agar sistem hidran dapat beroperasi dengan optimal.

Kegunaan Penomoran Pada Pipa SCH

Tentu ada alasan kenapa pada engineer memberikan angka SCH pada pipa. Kegunaan angka SCH ini secara umum digunakan sebagai parameter pada dunia konstruksi, diantaranya:

  1. Sebagai perkiraan kemampuan pipa menahan tegangan tertentu yang melewatinya, contoh pipa SCH 60 mampu menahan tekanan maksimal 60 bar, sedangkan pipa SCH 10 hanya bisa menahan tekanan maksimal hingga 10 bar.
  2. Untuk menunjukkan ketebalan dinding pipa, yakni memudahkan kontraktor konstruksi bangunan ketika memilih pipa sch 80 dalam ukuran yang sama sesuai kebutuhan, namun dengan ketebalan dinding yang berbeda.

Leave a Comment

Your email address will not be published.