dental clinic jakarta selatan

Penyebab Karang Gigi dan Pentingnya Scaling untuk Menghilangkan Karang Gigi

Karang gigi (kalkulus) dikenal sebagai salah satu kerusakan gigi yang timbul akibat kurang menjaga kebersihan gigi. Biasanya karang gigi tampak seperti tumpukan yang keras dan berwarna kuning hingga kehitaman. Dental Clinic Jakarta Selatan menyediakan layanan scaling untuk menghilangkan karang gigi.

Apa itu Scaling gigi?

Scaling gigi merupakan  sebuah prosedur untuk membersihkan karang gigi di permukaan gigi dan juga bawah gusi. Scaling perlu dilakukan enam bulan sekali untuk mengontrol kondisi gigi agar tidak menjadi lebih parah. Scaling yang dilakukan di Dental Clinic Jakarta Selatan tak hanya bermanfaat untuk membersihkan karang gigi, namun juga bisa meningkatkan warna gigi menjadi lebih cerah, menghilangkan bau mulut, mencegah infeksi gusi, dan ragam masalah lainnya. 

Namun tetap saja mencegah lebih baik dari pada mengobati, ketahuilah penyebab munculnya karang gigi dan jauhi penyebab-penyebab tersebut. 

Penyebab karang gigi: 

  1. Kebersihan gigi dan mulut yang tidak terjaga. 

Apabila anda jarang menyikat gigi, berkumur, dan membersihkan sela gigi dengan benang gigi. Kotoran akan menumpuk menjadi plak yang lama kelamaan berkembang menjadi karang gigi. 

  1. Konsumsi makanan dan minuman yang menyisakan residu di gigi 

Makanan dan minuman manis dan berpati biasanya meninggalkan residu di gigi yang lama kelamaan menumpuk menjadi karang gigi. 

  1. Kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol bisa menimbulkan sisa residu yang menempel di gigi. 

Prosedur Scaling:

Scaling penting dilakukan setiap enam bulan sekali, anda tak perlu khawatir dengan prosedurnya karena selama proses Scaling anda akan dibius lokal sehingga tidak merasakan sakit. Prosedur scaling di Dental Clinic Jakarta Selatan menggunakan alat dengan gelombang ultrasonic untuk mengikis karang gigi. Setelahnya apabila ada karang gigi yang tak terjangkau dengan alat, maka dokter gigi akan membersihkan secara manual dengan alat pengikis yang memiliki ujung runcing. Setelahnya sela-sela gigi dibersihkan dengan benang gigi dan terakhir membilasnya menggunakan cairan kumur. 

Prosedur Scaling tidaklah semenyeramkan yang anda pikirkan, asalkan anda memilih klinik terpercaya dengan pegawai profesional seperti di Dental Clinic Jakarta. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.