OEM Kosmetik

Serupa Tapi Tak Sama! Inilah Perbedaan OEM Kosmetik dengan ODM

Akhir-akhir ini perusahaan kosmetik di Indonesia perkembangannya semakin pesat, beberapa dari mereka telah mengeluarkan produk baru yang viral di media sosial. Hal ini tidak terlepas dari sistem marketing dan kualitas produk itu sendiri yang telah dipercaya. Anda juga bisa memulai bisnis kosmetik dengan ODM atau OEM kosmetik yang bagus.

Pengertian OEM dengan ODM

OEM atau Original Equipment Manufacturer adalah salah satu sistem penjualan yang mana suatu perusahaan bisa membeli produk dari perusahaan lain untuk dijual sendiri dengan harga tertentu. Di Indonesia, industri yang biasa menggunakan sistem ini banyak sekali, mulai dari mulai dari industri otomotif, teknologi, catering, fashion, hingga kosmetik.

ODM atau Original Design Manufacturer berarti suatu perusahaan merancang dan memproduksi komponen atau barang jadi sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan oleh perusahaan pembeli. Perusahaan pembeli berwenang untuk memasarkan produk tersebut dengan merek yang sesuai dengan keinginan mereka.

Perbedaan OEM dengan ODM

Setelah Anda mengetahui tentang pengertian antara OEM dengan ODM, berikut perbedaan kedua hal tersebut, terlebih untuk industri kosmetik:

  1. Spesifikasi produk

Perusahaan OEM kosmetik terbaik akan merancang dan memproduksi produk berdasarkan spesifikasi perusahaannya sendiri. Anda sebagai penerima lisensi dari OEM bebas menentukan nama merek dan harga jual.

Hal ini tentu berbeda dengan ODM yang merancang dan memproduksi produk berdasarkan spesifikasi yang ditentukan perusahaan pembelinya. Jadi Anda sebagai perusahaan pembeli bebas menentukan komponen terkait bahan-bahan untuk memproduksi produk tersebut.

  1. Penentuan komponen produk

Produk yang dihasilkan dari pabrik OEM kosmetik terkait komponennya perlu ditentukan oleh perusahaan penjual. Penentuan produk berlaku untuk keseluruhan komponen, mulai dari bahan baku, kegunaan, target pasar, hingga kemasan yang dipilih untuk produk tersebut.

Perusahaan OEM memiliki hak penuh untuk menentukan produk seperti apa yang akan dijual. Jadi pihak pembeli hanya memberi harga jual, memasarkan, dan memberi merek produk saja.

Berbeda dengan perusahaan ODM di bidang kosmetik yang wajib mempertimbangkan keinginan perusahaan pembeli, entah itu dari variasi produk, mulai dari bedak, lipstik, cream, toner, face wash, dan lain-lainnya. Anda sebagai pembeli produk rancangan ODM memiliki andil yang besar untuk pengambilan keputusan selama proses produksi.

  1. Ongkos produksi

Perbedaan spesifikasi dan komponen produk tersebut tentu akan berakibat pada perbedaan ongkos atau biaya yang dikeluarkan. Biasanya perusahaan ODM akan mematok harga atau biaya produksi yang lebih mahal dibandingkan dengan perusahaan OEM. ODM akan fokus berinovasi desain dengan mempertimbangkan keinginan dari perusahaan pembeli.

Itulah perbedaan antara OEM dengan perusahaan ODM. Meski sepertinya terlihat sama, namun keduanya sangat berbeda, inilah yang perlu Anda pahami agar tidak keliru dalam memilih perusahaan OEM kosmetik Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published.