Ilustrasi Biji Kopi

Anti Panggil Tukang Servis! Ini Dia Cara Membersihkan Coffee bean grinder

Sebagai pecinta kopi kekinian, memiliki coffee bean grinder menjadi sebuah kemewahan tersendiri dalam menikmati kopi. Tapi ketika kamu membeli penggilingnya, apakah kamu tau cara merawatnya? Berikut kita akan membahas bagaimana cara membersihkan grinder biji kopi.

Cara Membersihkan Coffee bean grinder

Mesin penggiling kopi kesayanganmu juga perlu untuk dibersihkan, cara membersihkan yang paling efektif adalah menggunakan beras. Penasaran? Begini caranya:

  1. Pertama-tama, tabung kopi diisi dengan beras secukupnya.
  2. Hidupkan mesin, tunggu beras tergiling secara sempurna hingga menjadi serbuk.
  3. Silahkan matikan mesin, lalu buang seluruh serbuk beras ke tempat sampah.
  4. Bersihkan sisa-sisa beras menggunakan kain kering bersih atau tisu bersih.

Beras berfungsi untuk menyerap minyak dari biji kopi yang mengendap di dasar tabung grinder kopi. Minyak yang dihasilkan dari biji kopi bisa mengundang bakteri datang dan bisa merusak kualitas biji kopi.

Mekanisme Kerja Manual Coffee bean grinder

Alat penggiling kopi sudah ada sejak zaman penjajahan, namun seiring perkembangan zaman bentuk dari coffee bean grinder menjadi lebih kompak dan praktis. Selain itu, modifikasi yang dilakukan memudahkan seseorang untuk mendapatkan hasil yang lebih konsisten.

Tombol pengatur yang berada di bawah penggiling memudahkan kamu untuk mengatur tingkat kehalusan kopi. Berikut langkah-langkah dalam menggunakan penggiling kopi manual:

  1. Biji kopi dimasukkan ke dalam bagian atas tabung penggiling. Sebaiknya menggiling sesuai dengan kebutuhan untuk mencegah terbuangnya kopi secara percuma.
  2. Atur kenop/tombol pengatur tingkat kehalusan yang biasanya terletak di bawah. Sebagai rekomendasi, ada baiknya kamu mengatur pada tingkat yang terhalus terlebih dahulu, supaya kamu bisa mengetahui berapa “klik” yang dibutuhkan dalam tingkat kehalusan tertentu.
  3. Setelah itu pasang tuas di bagian tutup penggiling, kemudian putar secara satu arah hingga biji kopi yang dimasukkan tergiling semua.
  4. Setelah sudah mencapai tingkat kehalusan yang diinginkan, tuangkan kopi yang sudah digiling ke dalam cangkir atau alat seduh yang akan digunakan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.