ilustrasi pencairan suku bunga deposito

Penting! Keuntungan dan Kelemahan Deposito Bank yang Wajib Anda Tahu

Perubahan suku bunga deposito bisa mempengaruhi rencana yang telah anda siapkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan keuangan, seperti dana pensiun, dana sekolah anak, dan lain sebagainya. sehingga perlu bagi anda untuk menyesuaikan perhitungan suku bunga dengan cara menghitung suku bunga deposito. Saat suku bunga deposito turun, anda dapat meningkatkan dana investasi, begitupun sebaliknya. 

Keuntungan Deposito Bank

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan apabila memilih deposito bank.

1. Investasi yang menguntungkan

Keuntungan utama dari deposito bank adalah  tabungan ini dapat anda jadikan sebagai sarana berinvestasi yang aman karena telah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Deposito berjangka lebih baik dibanding dengan investasi saham dan obligasi yang memiliki tingkat kerugian lebih besar.

2. Suku bunga yang lebih tinggi

Suku bunga deposito bisa dibilang lebih tinggi dibanding dengan produk perbankan yang lainnya, contohnya tabungan. Selain itu tabungan dalam setiap bulannya akan dipotong biaya administrasi, sedangkan deposito tidak.

3. Kemudahan akses bunga deposito

Beberapa bank di Indonesia telah memberikan kemudahan pada nasabahnya untuk mengambil bunga dari depositonya dengan cara mentransfer ke rekening yang diinginkan nasabah. 

4. Resiko kerugian kecil

Resiko kerugian yang kemungkinan anda alami lebih kecil. Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) juga telah menjamin uang anda tersimpan dengan baik dan terhindar dari penyelewengan dana.

Kelemahan Deposito Bank

Setelah anda melihat keuntungan yang bisa anda dapatkan, Berikut ini adalah beberapa kelemahan deposito bank yang wajib anda waspadai.

1. Imbalan yang rendah

Karena deposito bank merupakan bentuk investasi yang aman, sebagai gantinya imbalan yang mungkin anda dapatkan lebih rendah dari semua bentuk investasi, seperti saham dan obligasi.

2. Lemah terhadap inflasi

Jika terjadi inflasi tinggi, maka nilai bunga yang diberikan bank tidak akan ada artinya karena tidak mempengaruhi nilai suku bunga pokok anda.

3. Nilai investasi tidak bertambah

Karena nasabah tidak memiliki kesempatan akses nilai suku bunga deposito, maka nasabah tidak memiliki cara untuk meningkatkan nilai dari investasi instrumen deposito.

Itulah tadi informasi mengenai keuntungan dan kelemahan dari deposito bank. Pastikan anda mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan deposito bank sebelum memutuskan untuk menabung.

Leave a Comment

Your email address will not be published.